TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

NGABUBURIT ANAK CIAMIS

Ini adalah salah satu yang membedakan suasana bulan Ramadhan dengan bulan-bulan lainnya, yaitu suasana ngabuburit.
Ini adalah merupakan satu kegiatan untuk sekedar berkumpul bersama teman, atau untuk melepas kecapaian pada saat berpuasa, sambil menunggu waktu bedug Maghrib tiba.
Biasanya yang menjadi tempat untuk berkumpul atau menjadi tempat yang paling favorit adalah tempat yang selalu ramai dikunjungi orang dangan akses yang mudah juga, salah satunya adalah pelataran alun-alun di tempat kota kita tinggal.
Coba aja, pasti pada sore menjelang Magrib tiba, pasti tempat sekitar alun-alun dikota kita, selalu ramai dikunjungi orang-orang yang ingin sekedar berkumpul bersama teman-temannya menunggu saat-saat berbuka puasa.
Ga tahu siapa yang memulainya, tapi yang jelas kegiatan seperti ini hampir pasti selalu ada pada setiap bulan Ramadhan. Dan biasanya bukan hanya kalangan anak muda saja yang melakukannya, tapi dari kalangan keluarga, atau dewasa juga selalu larut ikut dalam acara ngabuburit sambil menunggu waktu buka puasa.
Memang, ini menjadi trend pada setiap bulan Ramadhan, dan kayaknya Ramadhan tidak menjadi meriah kalo tidak ada kegiatan ini. Karena pada sekitar tempat untuk berkumpul tersebut, biasanya juga menjadi ajang bari para pedagang kecil yang menjajakan makanan ringan atau minuman segar untuk berbuka nanti.
Seru, sih kalo kita ngabuburit itu, selain kita melupakan sedikit waktu kalo kita sedang puasa, karena asyik berkumpul atau sekedar jalan-jalan bersama keluarga, anak atau isteri kita, juga dalam acara ini merupakan ajang untuk anak muda bertemu pasangan alias sekedar say hello ama sang kekasih.
Selain ini biasanya ajang ngabuburit ini juga adalah menjadi tempat kita untuk bertemu dengan teman lama, sahabat lama yang mungkin tidak pernah kita temui sebelumnya.
Seperti yang terjadi di Alun-alun Kabupaten Ciamis atau yang dikenal juga dengan Taman Raflesia Ciamis.

Sejak bulan Ramadhan ini, setiap sore hari setelah Ashar, pelataran alun-alun Ciamis selalu ramai dikunjungi orang. Bukan hanya keluarga, tapi juga para anak muda ABG, dan mereka-mereka yang tergabung dalam club otomotif di ciamis. Pokoknya setiap sore, di alun-alun ciamis selalu ramai oleh orang yang meluangkan waktu untuk ngabuburit menungggu waktu Adzan Maghrib tiba.
Untuk anak-anak Balita, tersedia berbagai macam mainan yang dapat disewa, memancing, atau juga bisa dengan mengelilingi alun-alun menggunakan deldom, becak mini, atau mobile batere. Semuanya tersedia untuk dapat dinikmati oleh anak-anak.
Atau hanya sekedar untuk lihat-lihat sambil membeli makanan ringan juga ada. Banyak para penjajaga makanan ringan, es sirop, es campur, kelapa muda, sampai kepada gorengan, cilok, cimol, cakque, pisang keju, bahkan baso dan kerak telor juga ada, tinggal pilih aja mana yang suka buat teman berbuka puasa. Untuk anak mudanya alias ABG, ada tempat khusus para anak muda ciamis berkumpul dan melihat-lihat siapa aja yang lewat, bisa disekitar pelataran parker di sebelah selatan alun-alun, atau juga di sekitar halaman masjid Agung Ciamis. Biasanya ini adalah tempat-tempat favorit anak muda ciamis berkumpul ngabuburit bersama pasangannya atau yang mencari pasangan.
Jadi boleh dibilang, suasana ngabuburit di Ciamis sangat kumplit sekali. Apalagi sudah beberapa bulan terakhir ini, di sekitar alun-alun Ciamis tepatnya disamping gedung DPRD, telah terpasang BIGSCREEN, yang menayangkan berbagai iklan atau juga acara televisi berupa cuplikan

0 komentar: